Beranda | Artikel
Berkah dalam Makan Berjamaah
Kamis, 2 Januari 2014

Ada berkah dalam makan berjama’ah. Walau makannya sedikit, namun jika dengan berjama’ah, dua atau tiga orang, itu pun bisa mengenyangkan. Silakan buktikan sabda Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam– berikut.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

طَعَامُ الاِثْنَيْنِ كَافِى الثَّلاَثَةِ ، وَطَعَامُ الثَّلاَثَةِ كَافِى الأَرْبَعَةِ

Makanan untuk dua orang cukup untuk tiga dan makanan tiga orang cukup untuk empat orang.” (HR. Bukhari no. 5392 dan Muslim no. 2058).

Beberapa faedah dari hadits di atas:

1- Islam mendorong umatnya untuk hidup qona’ah dan sederhana. Yang dimaksud qona’ah adalah selalu merasa cukup dengan nikmat yang Allah beri.

2- Angka yang disebut dalam hadits tidaklah menunjukkan batasan yang penting adalah saling berbagi demi mendapat berkah.

3- Disunnahkan makan sambil berjama’ah, jangan makan seorang diri.

Bahasan lebih lengkap telah dibahas Rumaysho.Com: Makan Berjama’ah.

Hanya Allah yang memberi taufik.

 

Referensi:

Nuzhatul Muttaqin Syarh Riyadhis Sholihin, Dr. Musthofa Al Bugho, terbitan Muassasah Ar Risalah, cetakan pertama, tahun 1432 H, hal. 253.

Diselesaikan di Pesantren Darush Sholihin, 30 Safar 1435 H menjelang shalat Maghrib

Oleh: Muhammad Abduh Tuasikal

Artikel Rumaysho.Com

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoCom

Telah hadir buku terbaru: Buku Mengenal Bid’ah Lebih Dekat (harga: Rp.13.000,-), karya Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal. Kirimkan format pemesanan via sms ke no 0852 0017 1222 atau via PIN BB 2AF1727A: Buku Bid’ah#Nama#Alamat#no HP. Nanti akan diberitahu biaya dan rekening untuk transfer.

Artikel asli: https://rumaysho.com/5748-berkah-dalam-makan-berjamaah.html